Senin, 17 Juni 2013

Membuat SIM Tanpa Nyogok

By. Apriyanti on Tangerang,17 Juni 2013
in Pengalaman



Assalamualaikum wr.wb...
Ternyata pembuatan SIM C tidak sesulit yang pernah saya dengar dari orang-orang, kebanyakan dari kita enggan membuat SIM adalah isu yang biayanya sangat mahal karena harus menggunakan jasa calo, kedua apabila mengikuti tes teori dan praktek gagal akan mengulang minggu depannya dan itu membuat mereka yang bekerja diperusahaan swasta harus meminta ijin / cuti lebih dari sekali. hemm emang bener sih, tapi jangan khawatir saya mau kasih bocoran sekaligus berbagi pengalaman untuk bayangan teman,s apabilan ingin membuat SIM.

Eiits ... tapi jangan lupa ! sebelum datang ke samsat anda harus menyakinkan diri anda terlebih dahulu kalau anda datang dengan hati riang gembira hehe..pastiin juga anda sudah berumur 17 th keatas, bisa baca tulis, memiliki pengetahuan peraturan lalu lintas dan teknik dasar bermotor..okey? oia jangan lupa membawa pulpen karena pengalaman teman sesama uji tes saya lupa membawa pulpen jadi dia beli ditukang koran yg harganya pantastis loh hehe ....lanjut bang :D

Saya datang ke Polres Tangerang pada hari Senin tanggal 03 Juni 2013 jam 08.00 WIB, sesampai di Polres bayangan saya dilokasi parkir nanti saya akan didatangi calo" yang menawarkan jasa pembuatan SIM kilat, ternyata sesampai diparkir semua seperti layaknya tempat parkir tidak ada calo" yang menawarkan jasanya. oke saya pikir mungkin calonya ada didalam kali ya..

Setelah parkir motor dengan aman, saya kemudian bergegas ke outlet fotocopy yang terletak diarea parkir juga, disana sudah banyak orang" yang antri untuk fotocopy KTP.. ceritanya saya ikut ngatri dah tu, 5 lembar fotocopy KTP tarifnya Rp.2000,-. Setelah fotocopy KTP saya dipandu untuk mengikuti tes kesehatan menebak angka berbayang, tes kesehatan dikenakan biaya sebesar Rp.20.000,- hasilnya taraa saya lulus..
Tahap kedua selesai, selanjutnya saya diarahkan untuk membayar biaya pendaftaran uji SIM sebesar Rp. 100.000,- dan biaya Asuransi sebesar Rp. 30.000,-, selesai deh !! maksudnya selesai.. masalah administrasinya aja cuy hehe 

Ini rincian biaya pembuatan SIM :
1. Fotocopy KTP Rp. 2.000,-
2. Kesehatan      Rp. 20.000,-
3. Pendaftaran   Rp. 100.000,-
4. Asuransi         Rp. 30.000,-
TOTAL               RP. 152.000,- (murah kan..)


Eh..ngomong" saya masih cari calonya nih :D..pemirsa ternyata didalam juga gak ada calo, info nya sih sekarang sudah gak boleh lagi lewat jalur kilat, kita kudu melalui prosedur yang sebenarnya nah gitu dong sipppp setuju pak polisi yuk lanjut ke tahap selanjutnya cemunguttt....

Setelah menyelesaikan tahap administrasi saya lanjut mengisi formulir yang diberikan pada saat bayar pendaftaran tadi dan setelah selesai mengisi formulir saya disuruh duduk dan menunggu panggilan untuk tes teori. Tibalah saat yang menegangkan, ada 30 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 30 menit, saya seolah ikut ujian sekolah lagi pertanyaan' nya mudah tapi pilihan jawaban menjebak karena jawaban a,b,c hampir mendekati, huh binunnnnn...tik tok tik tok waktu terus berlalu saya sudah menjawab 30 soal  tapi tidak yakin itu benar hoho...tahu gak teman's ane nomor dua yang selesai duluan tapi pas diumumin kesalahan ane  ada 16 soal padahal minimal kesalahan hanya 12 soal..ampun deh malu banget  keluar tanpa membawa hasil dan disuruh mengulang minggu depan hiks hiks.

Tapi bukan ane namanya kalau menyerah, ane datang seminggu kemudian dan mengikuti tes dengan percaya diri karena saya sudah belajar sama paman google haha....dan hasilnya taraaaa ,,,,,saya mendapat nilai tertinggi dari peserta lainnya...kesalahan saya cumah 4 soal, alhamdulillah.....eh tapi ini belum selesai loh masih ada tes terakhir, yaitu ujian praktek mengendarai motor, gubrak !! kesenangan saya hilang sesaat dan berubah tegang, grogi campur aduk deh apalagi tes dtonton sama peserta ujian yang jumlahnya puluhan orang, ditambah lagi melihat peserta cowok banyak yang tidak lulus, peserta perempuan dirombonganku ada 5 orang tp tidak ada yang berhasil dan tibalah detik detik menegangkan nama saya dipanggil ..sambil berusaha menenangkan diri saya mencoba melewati lorong balok pertama berhasil dan melewati zigzag angka 8 sempurna dan kembali ke lorong balok zig zag terakhir bismillah..bismillah..bismillah
yeaaaaay !!!! berhasil !! spontan orang" yang antri buat SIM pada tepuk tangan melihat saya berhasil dan sempet saya denger ada yang nyeletuk "pembalap ya mbak"  hehe.. whatever lah yang penting aku lulus..
sudah ah seneng"nya kita lanjutke tahap selanjutnya yaw..
Setelah ikut ujian praktek kita ngantri lagi dah tu di ruang foto, sekitar 10 menit nama saya sudah dipanggil lagi untuk sesi pemotretan, disana disediakan tempat rias dan bagi cowok yang datang memakai kaos oblong jangan khawatir disana disediakan kemeja dengan pilihan warna jadi ente tinggal pilih aja ya. sekitar 5 menit menunggu  namaku dipanggil kembali taraaaaaa....SIM C ku terbit.

 

Hemmm gimana? mudah dan murah kan?? sudah dikasih bocoran tuh, harus lulus yah, Intinya langkah pertama kita harus berguru dulu sama paman google yang baik hati itu, karena 80% pertanyaan tes teori nanti ada dikamus paman google.. tapi kalau untuk ujian prakteknya saya rasa paman google tidak banyak membantu karena yang dibutuhkan disini hanya keahlian kita membawa motor dan ketenangan si pengendara...cakep ! eh jangan lupa waktu melewati zig zag kakinya dirapatin serapat-rapatnya yah hehe itu sih saran dari bokap saya tapi pas saya praktekin begitulah hasilnya, SEMPURNA....

Selamat mencoba, GdLuck teman's ;)

4 komentar:

  1. Tips dan Trik Mudah Lulus Ujian SIM C Tanpa Nyogok Calo
    http://bani-fahmi.blogspot.com/2013/12/kumpulan-link-soal-soal-kisi-kisi-ujian.html
    http://bani-fahmi.blogspot.com/2013/12/tips-dan-trik-mudah-lulus-ujian-sim-c.html

    BalasHapus
  2. okeere. . . dech mkasih tips nya mbak , bsok pagi ane jg mw bkin sim C di jogja ! tpi yg mw saya tnyakan bila kita sdh bayar smua biaya trus kita gak lulus dan mengilangi lagi gak lulus lagiiii apa duit kita dibalikin sma pihak kpolisian ya ??? trimaksih

    BalasHapus
  3. wuih keren gan caara pengurusannya,, ane juga baru buat kemaren, baca juga pengalaman ane gan http://imuelputra.blogspot.co.id/2016/01/cerita-pengalaman-mengurus-sim-c-sangat.html

    BalasHapus
  4. wuih keren gan caara pengurusannya,, ane juga baru buat kemaren, baca juga pengalaman ane gan http://imuelputra.blogspot.co.id/2016/01/cerita-pengalaman-mengurus-sim-c-sangat.html

    BalasHapus